Powered By Blogger

Marjinal

kawan-kawan yang termarjinalkan bangkitlah

tunjukan pada mereka.....

apa arti kehidupan bermasyrakat, kehidupan sosial....

Atmawijaya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Anak kedua dari empat bersaudara, yang besar tumbuh, berkembang dengan penuh hayalan

Jumat, 13 Juni 2008

tulisan emas

suatu hari saya penasaran dengan emas, yang terlintas di benak saya yaitu emas terdapat di alam ini secara batangan, nah ternyata emas itu berasal dari batuan dan pada suatu kesempatan saya bisa melihat sendiri pengolahannya

Proses pengolahan bijih emas yang dilakukan para penambang di daerah kokap kegiatan pada dasarnya hampir sama dengan proses yang dilakukan para penambang emas tradisional di daerah lain yaitu proses amalgamasi dimana proses penggilingan dan proses pembentukan amalgam dilaksanakan bersamaan di dalam suatu amalgamator yang disebut gelundung.

Media penggerak gelundung terbagi menjadi dua yaitu dengan menggunakan air dan tenaga listrik atau solar. Gelundung yang menggunakan media penggerak air diletakkan di badan air atau sungai dengan ukuran tertentu namun hanya menggerakkan satu buah gelundung saja, sedangkan waktu yang diperlukan untuk satu kali proses pengolahan emas sekitar 12 jam. Gelundung yang menggunakan media penggerak listrik atau solar umumnya diletakkan di darat yaitu di sekitar lubang, sekitar sungai dan di rumah penduduk. Dalam satu kali proses pengolahan bijih emas dapat menggerakkan lebih dari satu buah gelundung hingga 10 buah sesuai dengan kemampuan generator atau dinamo penggeraknya. Waktu yang diperlukan sekitar 8 jam / proses,.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

MAs pengen tau juga donk tahapan penambangan emas. seru juga nih baca tulisannya. thanks before

willy tobing mengatakan...

ok sodara mamet..mantaph blog na... semoga bermanfaat... salam pangea ( ucok ) hehehe